Contoh Meresensi Buku Pengetahuan Populer
CONTOH MERESENSI BUKU PENGETAHUAN POPULER
Kebetulan sekali, saya kemarin mendapatkan tugas dari Guru Bahasa Indonesia untuk membuat resensi dari sebuah Buku Pengetahuan Populer. Dan kali ini saya akan meringkas materi resensi yang saya ketahui di sini.
Sebelumnya, apakah kalian tahu pengertian dan hal yang perlu diperhatikan dalam meresensi buku?
Resensi adalah tulisan yang berisi ulasan atau pembicaraan mengenai suatu karya, baik itu buku, film, atau karya yang lain. Tugas seorang penulis resensi adalah memberikan gambaran kepada pembaca mengenai suatu karya yang di resensinya, apakah karya tersebut perlu mendapat sambutan atau tidak. Jadi, seorang penulis resensi yang baik sangat membantu pembaca dalam menentukan pilihan. Selain itu, penulis resensi juga membantu penerbit atau pengarang untuk memperkenalkan suatu karya.
*Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam meresensi Buku :
- Identitas Buku.
- Tujuan pengarang Buku atau Karya.
- Tujuan penulisan resensi.
- Keunggulan Buku atau Karya.
- Kelemahan Buku atau Karya.
- Ikhtisar isi buku.
- Nilai buku atau karya.
- Judul Buku.
- Penulis Buku.
- Pengantar isi Buku.
- Penerbit Buku.
- Tahun terbit.
- Tebal Buku.
*Langkah - langkah yang harus diperhatikan dalam meresensi buku :
- Membaca dan memahami isi buku.
- Menunjukkan kelebihan dan kekurangan isi buku.
- Merangkum isi buku.
- Menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan terhadap isi buku.
- Meresensi buku.
- Menyunting resensi.
Setelah kalian mengetahui pengertian, hal dan langkah dalam membuat resensi buku, selanjutnya yaitu Saya akan mencontohkan hasil resensi buku yang telah saya buat.
*Contoh hasil dari meresensi Buku Pengetahuan Populer yang telah saya buat :
"Permainan Games Sains untuk meningkatkan potensi dan kecerdasan anak"
Pengarang : Tina Dahlan, M.Pd., Psi
Penerbit : Penerbit Ruang Kata
Tahun terbit : 2010
Tebal : ii + 120 Halaman
Game merupakan permainan yang sangat digemari oleh semua kalangan. Tidak hanya anak - anak, tetapi juga orang dewasa pun senang bermain game, apalagi di era modern sekarang ini, banyak game yang sudah bisa di peroleh menggunakan peralatan canggih dan teknologi tinggi. Untuk itu, perlu peran Orang Tua dalam memilih jenis permainan yang bisa dikonsumsi terutama oleh anak - anak. Orang Tua harus menyajikan game yang mampu merangsang kecerdasan otak anak.
Apakah yang dimaksud dengan bermain dalam buku tersebut, mengapa permainan yang ada di dalam buku ini harus menyediakan peralatan dan bahan pelengkap lainnya? Hal ini akan saya bahas dan akan saya jadikan sebagai bahan resensi buku yang ditulis oleh Tina Dahlan, M. Pd., Psi yang berjudul "Games Sains Kreatif & Menyenangkan".
Buku ini berisikan permainan bermedia sains
yang sederhana dengan menggunakan peralatan dan bahan yang dapat ditemukan di
sekitar kita, bahkan selalu menyertai hari – hari kita yang mungkin luput dari
pengamatan. Dalam permainannya, anak dipandu untuk mengeksplorasi peralatan dan
bahan yang dimiliki, hal ini termasuk merencanakan, merancang, mengkonstruksi,
melakukan eksperimen, dan merevisi gagasan mereka. Manfaat praktis dari bermain
adalah memfasilitasi tugas perkembangan anak usia pra sekolah dan sekolah.
Buku ini mencangkup 100 Games Sains yang
atraktif dan mudah dipraktikan, alat dan bahan mudah didapat serta terjangkau,
membangkitkan kepercayaan diri dan rasa ingin tahu anak, melatih keterampilan
motorik, merangsang kreativitas, dan mendukung perkembangan kognitif. Buku ini
sangat bagus untuk dimiliki tetapi di dalam buku ini, hanya cocok untuk
PlayGroup, TK, dan SD.
Menurut Saya, Buku Pengetahuan ini sangat
membantu anak dalam masa pertumbuhan dan masa bermain dan di buku ini juga
memiliki banyak manfaat dari bermain Games Sains. Jadi, walaupun buku ini hanya
cocok untuk anak PlayGroup, TK, dan SD tetapi buku ini juga bagus untuk
dimiliki di semua kalangan baik itu SMP, SMA, maupun yang lainnya. Karena games
yang terdapat di buku ini dapat membangun sebuah imajinasi dan menghasilkan
kreativitas dari seseorang.
~ Contoh resensi dari saya ~
Oh iya, saya lupa untuk mengasih tau kan tata urutan resensi buku yang telah di ajarkan oleh Guru Bahasa Indonesia. Adapun tata urutan untuk meresensikan buku yaitu :
- Judul Resensi
- Identitas
- Pengantar
- Ringkasan
- Kelebihan dan Kekurangan buku
- Penutup / Pendapat.
Karya : Putri Nisrina Azzahra
0 komentar